Pemasangan Iklan dan Promosi Produk


POLITIK HUKUM$type=carousel

AAJI: Literasi dan Inklusi Industri Asuransi Dukung Pertumbuhan Ekonomi

Jakarta, detikline.com - Pertumbuhan ekonomi yang kuat perlu didukung oleh sektor keuangan yang dalam, inovatif, efisien, serta inklusif. U...

Jakarta, detikline.com - Pertumbuhan ekonomi yang kuat perlu didukung oleh sektor keuangan yang dalam, inovatif, efisien, serta inklusif.

Urgensi reformasi sektor keuangan di Indonesia menjadi jelas untuk mendukung percepatan pembangunan nasional.

Pemerintah dan DPR mengusung reformasi sektor keuangan pada saat situasi perekonomian global sedang menghadapi berbagai tantangan dan ketidakpastian akibat pandemi, gangguan supply, inflasi tinggi, potensi resesi, disrupsi teknologi. 

Namun banyak pihak yang menganggap lahirnya Undang-Undang (UU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan atau P2SK menjadi momen reformasi sektor keuangan Indonesia.

Industri asuransi belakangan menjadi perhatian masyarakat. Asuransi yang memiliki banyak manfaat dalam sektor keuangan, belakangan ini mengalami disrupsi akibat terjadinya gagal bayar perusahaan asuransi.

Salah satu polemik terbesar di industri asuransi Indonesia adalah masalah klaim yang sulit dibayarkan oleh perusahaan asuransi.

Banyak nasabah yang mengeluhkan bahwa perusahaan asuransi menolak membayar klaim mereka, atau bahkan hanya membayar sebagian dari klaim yang seharusnya dibayarkan.

Wakil Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Fauzi Arfan menegaskan bahwa saat ini literasi masyarakat terhadap manfaat asuransi jiwa masih lemah.

"Kita ingin berperan aktif untuk meningkatkan literasi ini. Jadi masih banyak yang pemahamannya kurang pas. Kita sedang meluncurkan kampanye pahami perlindunganmu. Kita ajak berbagai stake holders agar masyarakat lebih paham kegunaan asuransi," ungkap Fauzi dalam Webinar Caraka Media Group Network, secara daring, Selasa (30/5). 

Lebih lanjut, AAJI sendiri telah mewadahi 60 asuransi jiwa sebagai anggotanya. Dalam pertemuan ini, AAJI berharap kepada Caraka Media Group untuk mendukung upaya AAJI dalam peningkatan edukasi, literasi dan perlindungan konsumen dalam iklim pemberitaan yang positif.

Selain itu, AAJI mengajak Media Group untuk ikut berperan serta aktif dalam meningkatkan edukasi dan literasi industri asuransi jiwa yang bertujuan untuk melindungi lebih banyak masyarakat Indonesia.

AAJI bersama dengan regulator serta pemangku kepentingan lainnya dalam industri keuangan non bank (IKNB) menguatkan komitmennya dalam mendorong literasi keuangan dan asuransi melalui kegiatan seri kampanye literasi yang inklusif, dengan melibatkan masyarakat dari berbagai kalangan sampai dengan Universitas di Indonesia.

AAJI dan anggotanya dari perusahaan asuransi jiwa dan reasuransi secara aktif melakukan edukasi keuangan dan asuransi melalui kunjungan ke kampus-kampus dan melalui sosial media guna menciptakan industri asuransi yang sehat.

Bagi AAJI, kegiatan yang diselenggarakan oleh regulator industri keuangan dengan berbagai institusi Pemerintah dan perusahaan jasa keuangan (PUJK) merupakan bukti nyata sinergi dan kolektivitas seluruh pemangku kepentingan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki akses ke layanan jasa keuangan, termasuk perlindungan asuransi jiwa.

"Kampanye inklusi dan literasi asuransi yang masif masih perlu dilakukan karena faktanya baru sekitar 6,5% penduduk Indonesia yang saat ini memiliki perlindungan asuransi jiwa", imbuhnya.

Yang belum terlalu dipahami banyak masyarakat, asuransi jiwa adalah salah satu cara paling efektif untuk mengatur keuangan masa depan.

Ditambah dengan adanya risiko pandemi, masa depan masih menjadi sesuatu yang tidak dapat dipastikan oleh siapa pun. Di situlah pentingnya produk asuransi jiwa dalam melindungi semua orang dan keluarga tercinta dari berbagai risiko di masa depan, jelas Fauzi, Selasa (30/05/2023).

Menurutnya, berbagai risiko kehidupan di masa sulit seperti saat ini bisa menghambat pelaksanaan rencana yang sudah disusun untuk masa depan.

Dengan perlindungan asuransi yang lebih baik, Fauzi meyakini proses pemulihan ekonomi saat pandemi akan mampu berjalan lebih stabil-positif.

Karena itu, meski masih dalam tantangan masa pandemi, AAJI bersama segenap insan asuransi Indonesia terus berupaya meningkatkan literasi asuransi, khususnya kepada kaum millennial sebagai generasi bangsa selanjutnya.

Kampanye menyasar generasi millenial ini adalah salah satu ikhtiar penting pemulihan ekonomi. Mereka adalah generasi emas yang berperan penting membangun perekonomian Indonesia di masa depan.

"Mudah-mudahan dengan perkembangan teknologi terkini dan meningkatnya kemampuan dalam memanfaatkan teknologi ini serta akses ke perlindungan asuransi, gen millenial ini akan mendongkrak kualitas kehidupan bangsa kita di masa depan,” ungkap Fauzi.*Rill/Red

Name

Agama,11,Anugerah PWI,15,Artikel,20,Artikel dan Opini,2,Berita Artis,58,Berita Cuaca,11,Berita Daerah,778,BERITA DUKA,27,Berita Informasi,22,Berita Kebakaran,32,Berita Olahraga,64,Berita Sanggahan,1,Berita Tehnologi,2,Bisnis,6,EDITORIAL,2,EKONOMI,79,FASHION,6,Featured,22,Gaya Hidup,3,Gempa,8,Giat PWI,2,Giat Vaksin,23,Hikmah,1,Hukum,227,HUT RI 76,1,INDEX SAHAM EKONOMI,8,Indonesia Update,3,informasi Covid-19,27,Informasi Vaksin,6,Inspirasi,3,INTERNATIONAL,19,Jakarta Kini,63,Kasus Narkoba,14,Kebakaran,1,Kesehatan Gizi,10,Kesehatan Tubuh,19,Kesehatan Wajah,9,KRIMINAL,175,MITOS Atau FAKTA,2,Musik,4,NASIONAL,355,News,12,NKRI,1,Operasi Yustisi,1,ORGANISASI,1,Organisasi Wartawan,3,Partai,11,PENDIDIKAN,76,Perawatan Rambut,1,Perawatan Tubuh,5,Perihnya Hidup,1,Peristiwa,51,Politik,80,Politik Dan Hukum,176,Resep Makanan - Minuman,1,SOSIAL BUDAYA,342,Tehnologi,3,TNI POLRI,88,Tokoh Publik,4,TV LIVE,2,UNIK DAN LANGKA,2,Viral,22,Wisata Nusantara,26,
ltr
item
detikline: AAJI: Literasi dan Inklusi Industri Asuransi Dukung Pertumbuhan Ekonomi
AAJI: Literasi dan Inklusi Industri Asuransi Dukung Pertumbuhan Ekonomi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhSNLVdsM6Lu_rc3lfrI4LW9zR69h3whiUHace1fQYqDHzmXyv2Y7KNzfL1pPhkV0Rxdds2DXDfpXF0Q49WXxrrN68djqITg9v9uywvWU4KdSMreUItxQowre6-6GkdK6vtH2I5l0Jx3HmoFtvMT4i-OkKaFgmICAnqQF20maY-xmOjHPyoXaytUqqT/s320/IMG-20230530-WA0033.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhSNLVdsM6Lu_rc3lfrI4LW9zR69h3whiUHace1fQYqDHzmXyv2Y7KNzfL1pPhkV0Rxdds2DXDfpXF0Q49WXxrrN68djqITg9v9uywvWU4KdSMreUItxQowre6-6GkdK6vtH2I5l0Jx3HmoFtvMT4i-OkKaFgmICAnqQF20maY-xmOjHPyoXaytUqqT/s72-c/IMG-20230530-WA0033.jpg
detikline
https://www.detikline.com/2023/05/aaji-literasi-dan-inklusi-industri.html
https://www.detikline.com/
https://www.detikline.com/
https://www.detikline.com/2023/05/aaji-literasi-dan-inklusi-industri.html
true
2574086507560378712
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy