Pemasangan Iklan dan Promosi Produk


POLITIK HUKUM$type=carousel

KPAI Dorong Evaluasi Kebijakan Buka Kantin Sekolah Ditengah Merebaknya Hepatitis Akut

Oleh : Retno Listyarti (Komisioner KPAI) Wartawan : lala Jakarta, detikline.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Direktorat Jend...

Oleh : Retno Listyarti (Komisioner KPAI)
Wartawan : lala

Jakarta, detikline.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P) mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/C/2515/2022 tentang Kewaspadaan terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis Of Unknown Aetiology). 

SE Kemenkes tersebut, kemudian ditindaklanjuti oleh Dinas-Dinas kesehatan di berbagai daerah dengan mengeluarkan SE kepada Puskesmas-Puskesmas dan Rumah Sakit di daerah setempat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap Hepatitis Akut.

Sementara itu, Pembelajaran Tatap Muka (PTM) akan dimulai di seluruh Indonesia pada 12 Mei 2022 setelah usai liburan Hari Raya Idul Fitri dengan mobilitas pemudik yang melibatkan jutaan orang. 

Saat PTM di mulai, kemungkinan sekolah tidak mempersiapkan secara khusus untuk antisipasi hepatitis misterius, karena tak ada petunjuk khusus juga dari KemendikbudRistek, Kemenag maupun Dinas-Dinas Pendidikann. 

Namun, karena sudah terkondisi pandemi covid 19, maka persiapan prokes selama ini bisa digunakan untuk antisipasi, hanya saja sekolah harus memastikan kepatuhan prokes warga sekolah selama PTM berlangsung. 

Sekolah dapat bekerjasama dengan Puskesmas terdekat dapat membantu pemerintah daerah untuk mensosialisasi pencegahan virus  hepatitis akut tersebut yang utamanya menyerang saluran cerna dan saluran pernafasan. 

Untuk mencegah penularan dari saluran pencernaan maka sekolah dapat menghimbau warga sekolah dan para orangtua untuk menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan dengan sabun, memastikan makanan atau minuman yang dikonsumsi itu matang, tidak menggunakan alat-alat makan bersama dengan orang lain serta menghindari kontak anak-anak kita dari orang yang sakit agar anak-anak kita tetap sehat. 

Sedangkan untuk mencegah penularan Hepatitis Akut melalui saluran pernafasan dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 seperti memakai masker, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas. 

Orangtua  Bekali Makanan dan Minuman Saat Anak PTM

"Surat Edaran Sekjen KemendikbudRistek terkait penyelenggaran PTM, diantaranya sudah boleh membuka katin di sekolah dengan batasan pengunjung 75%. Hal ini penting dievaluasi kembali karena penularan Hepatitis Akut melalui saluran pencernaan dan saluran pernafasan," ujar Retno listyarti, Komisioner KPAI. 

Retno menambahkan, sebaiknya orangtua membekali anak-anak ke sekolah dengan makanan dan minunan dari rumah, jangan jajan atau beli sembarangan.

"Selain itu, pemerintah juga melakukan monitoring dan evaluasi PTM saat ini, jangan 100 persen lagi agar dapat melihat perkembangan kasus hepatitis misterius ini dan sebagai bentuk pencegahan," pungkas Retno.

Atas hal itu KPAI merekomendasi : 

1. Pemerintah dan Pemerintah Daerah melalui Dinas-Dinas Kesehatan harus segera melakukan sosialisasi dan edukasi kepada para orangtua terkait informasi jelas tentang Hepatitis Akut dan upaya pencegahan seperti menjaga kebersihan lingkungan, memastikan prokes, mengenali tanda atau gejala awal Penyakit ini, dll. 

2.  Dinas Pendidikan bersama Dinas Kesehatan dapat mensosialisasi pencegahan dan penanganan hepatitis akut melalui sekolah kepada peserta didik, pendidik dan para orangtua untuk dipahamkan tentang gejala-gejala awal penyakit hepatitis akut dan tindakan apa yang harus dilakukan para orangtua ketika anaknya menunjukkan gejala-gejala awal hepatitis akut, seperti : mual, muntah, sakit perut, diare, kadang disertai demam ringan.

Selanjutnya, gejala akan semakin berat seperti air kencing berwarna pekat seperti teh dan BAB berwarna putih pucat.  Anak harus segera dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat. Semua info tersebut dapat di sosialisasi melalui media massa maupun media social secara masif

3.  Orangtua yang sudah teredukasi wajib mengedukasi anak-anak nya terkait penyakit hepatitis misterius ini sehingga anak menyadari mengapa harus patuh pada prokes. Edukasi dan sosialisasi yang sama harus dilakukan pihak sekolah juga.

4.  Perlu perlu adanya kerja sama yang solid antara orang tua, tenaga kesehatan dan fasilitas pelayanan kesehatan agar bisa menemukan gejala Hepatitis Akut sedini mungkin agar anak segera mendapatkan pertolongan medis.

Jangan menunggu hingga muncul gejala kuning bahkan sampai penurunan kesadaran. Karena kondisi tersebut menunjukkan bahwa infeksi Hepatitis sudah sangat berat. Jika terlambat mendapatkan penanganan medis, maka momentum dokter untuk menolong pasien sangat kecil. 

Name

Agama,11,Anugerah PWI,15,Artikel,20,Artikel dan Opini,2,Berita Artis,58,Berita Cuaca,11,Berita Daerah,778,BERITA DUKA,27,Berita Informasi,22,Berita Kebakaran,32,Berita Olahraga,64,Berita Sanggahan,1,Berita Tehnologi,2,Bisnis,6,EDITORIAL,2,EKONOMI,79,FASHION,6,Featured,22,Gaya Hidup,3,Gempa,8,Giat PWI,2,Giat Vaksin,23,Hikmah,1,Hukum,227,HUT RI 76,1,INDEX SAHAM EKONOMI,8,Indonesia Update,3,informasi Covid-19,27,Informasi Vaksin,6,Inspirasi,3,INTERNATIONAL,19,Jakarta Kini,63,Kasus Narkoba,14,Kebakaran,1,Kesehatan Gizi,10,Kesehatan Tubuh,19,Kesehatan Wajah,9,KRIMINAL,175,MITOS Atau FAKTA,2,Musik,4,NASIONAL,355,News,12,NKRI,1,Operasi Yustisi,1,ORGANISASI,1,Organisasi Wartawan,3,Partai,11,PENDIDIKAN,76,Perawatan Rambut,1,Perawatan Tubuh,5,Perihnya Hidup,1,Peristiwa,51,Politik,80,Politik Dan Hukum,176,Resep Makanan - Minuman,1,SOSIAL BUDAYA,342,Tehnologi,3,TNI POLRI,88,Tokoh Publik,4,TV LIVE,2,UNIK DAN LANGKA,2,Viral,22,Wisata Nusantara,26,
ltr
item
detikline: KPAI Dorong Evaluasi Kebijakan Buka Kantin Sekolah Ditengah Merebaknya Hepatitis Akut
KPAI Dorong Evaluasi Kebijakan Buka Kantin Sekolah Ditengah Merebaknya Hepatitis Akut
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEibksJTEABBYVFdUfW9VuFybtgV7OG5C2upfsqUQL3ciHVwAvQpHIzHvnPGgDYBjg1Zqp25TY67optoMafjrrMADH7R3Q12zCsJgaZBTRmAJZWnd7osE6QUaLUaBd64fLLCRNOU6-FpFLd4LgY4R0RKq3VcgCFy_Un4qH_ISXoIUyzhXJzkGISxXbfD/s320/fd7e322e-9fe9-4ebb-b276-ac12fb50d226_169.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEibksJTEABBYVFdUfW9VuFybtgV7OG5C2upfsqUQL3ciHVwAvQpHIzHvnPGgDYBjg1Zqp25TY67optoMafjrrMADH7R3Q12zCsJgaZBTRmAJZWnd7osE6QUaLUaBd64fLLCRNOU6-FpFLd4LgY4R0RKq3VcgCFy_Un4qH_ISXoIUyzhXJzkGISxXbfD/s72-c/fd7e322e-9fe9-4ebb-b276-ac12fb50d226_169.jpeg
detikline
https://www.detikline.com/2022/05/kpai-dorong-evaluasi-kebijakan-buka.html
https://www.detikline.com/
https://www.detikline.com/
https://www.detikline.com/2022/05/kpai-dorong-evaluasi-kebijakan-buka.html
true
2574086507560378712
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy