POLITIK HUKUM$type=carousel

Kualiatas Air Buruk, PT PAM (Palyja) Di Keluhkan Warga Semanan

detikline.com Jakarta - Warga Semanan, Kalideres, Jakarta Barat, meminta pihak PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja) selaku operator penyedia dan p...

detikline.com Jakarta - Warga Semanan, Kalideres, Jakarta Barat, meminta pihak PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja) selaku operator penyedia dan pelayanan air bersih untuk secepatnya menuntaskan permasalahan kualitas air yang buruk dan minimnya pasokan debit air.

Baca juga : Gara - Gara Miras, Andi Tewas Di Badik Temannya Sendiri

Buruknya pasokan air bersih ini terjadi di wilayah Rw.03/11 Kelurahan Semanan, karena ada kebocoran pipa pada Nopember 2020 lalu. Belum lagi permasalahan minimnya debit air yang mengakibatkan pasokan air ke pelanggan sulit dan berkurang. Padahal setiap hari keberadaan air bersih sudah menjadi kebutuhan mendasar.

Pantauan kalangan media, air yang diterima warga Rw.03, memiliki warna kehitaman dan kebiruan. Tak hanya itu, bau yang tak sedap juga menyengat dari air tersebut. Sehingga air tak selayaknya digunakan.

Selain itu, pasokan air yang diterima warga Kopti Rw.11 juga nampak terlihat keruh dan bau, terkadang berbusa. Hal itu dibenarkan Zaenny ketua RW 11.

" Ya benar bahwa warganya mengeluhkan buruknya kualitas pasokan air PALYJA," ucap dia, Kamis (31/12/2020).

Ia juga menegaskan, sudah lama aliran air PALYJA diwilayahnya terkadang keluar dan kadang tidak. Itupun tidak semua pelanggan mendapatkannya air walau sudah di pompa oleh PALYJA pada hari Selasa dan Sabtu.

Baca juga : Jaksa Agung RI Melantik Dan Mengambil Sumpah Tim Khusus Penuntasan Dugaan Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) Yang Berat

" Kalaupun air yang keluar terkadang bau seperti air got dan berwarna seperti susu serta berbusa tidak layak digunakan," bebernya.

Hal senada juga diutarakan warga Rw.03, Nur (29) menurutnya, warga sekelilingnya merasakan hal sama dengan kejadian yang sangat merugikan tersebut.

" Kejadian ini sudah sebulan lamanya pak, padahal katanya sudah ada perbaikan dari Tim Kebocoran, tetapi air masih saja buruk. 

Bahkan air yang kami terima masih saja terlihat keruh terkadang berubah warna menjadi biru, kadang juga hitam seperti kaya air got dan baunya menyengat," cetus Nur.

Lantaran kualitas air dari PALYJA begitu buruk dan tak bisa dipakai, Nur bersama warga lainnya terpaksa harus membeli lewat tukang air keliling untuk memenuhi kebutuhan dasar rumah tangga  dengan biaya yang cukup merogoh kocek keluarganya. 

Sedangkan untuk kebutuhan air pagi dan sore harus membeli dengan menggunakan selang kepada tetangganya yang memiliki pompa air tanah.

" Kami sangat terbebani harus mengeluarkan kocek lagi. Apalagi dimasa pandemi Covid-19 ini. Kami berharap dengan kejadian ini pihak PALYJA responnya jangan lambat, segera cepat diperbaiki jaringan-jaringan mana yang bocor. Sehingga pasokan air PALYJA kembali bersih dan aman bisa dikonsumsi lagi," harapnya.

Baca juga : Cegah Corona, Bersama Tim Damkar, Anggota DPRD DKI Jakarta, Abdul Azis Muslim Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Seperti diketahui, sebelumnya pihak PALYJA sudah  melakukan pengecekan dan penyisiran jaringan pipa yang bocor. Hasilnya ditemukan lokasi titik kebocoran yang berdekatan dengan SMAN 94 Jakarta Barat, dan sudah dilakukan perbaikan.

Diduga kebocoran pipa ini disebabkan oleh pekerjaan saluran air pihak ketiga yang dilakukan beberapa waktu belakangan ini.

Kendati demikian, upaya perbaikan kebocoran tersebut hingga kini masih saja sejumlah pelanggan atau warga mengeluhkan kualitas air yang keluar sangat buruk dan bau menyengat.

Sementara itu, saat dikonfirmasi Manajer PAM JAYA, Marisa menyampaikan akan mengecek terlebih dahulu ke PALYJA.

" Saya mesti cek ke PALYJA dulu pak," kata dia lewat pesan WhatsApp. (Hariri)

Name

Agama,11,Anugerah PWI,14,Artikel,20,Berita Artis,54,Berita Cuaca,11,Berita Daerah,646,BERITA DUKA,24,Berita Informasi,20,Berita Kebakaran,27,Berita Olahraga,50,Berita Sanggahan,1,Berita Tehnologi,2,Bisnis,6,EDITORIAL,2,EKONOMI,60,FASHION,6,Featured,22,Gaya Hidup,3,Gempa,4,Giat PWI,2,Giat Vaksin,23,Hikmah,1,Hukum,168,HUT RI 76,1,INDEX SAHAM EKONOMI,8,Indonesia Update,3,informasi Covid-19,27,Informasi Vaksin,6,Inspirasi,3,INTERNATIONAL,15,Jakarta Kini,60,Kasus Narkoba,1,Kebakaran,1,Kesehatan Gizi,10,Kesehatan Tubuh,17,Kesehatan Wajah,9,KRIMINAL,131,MITOS Atau FAKTA,2,Musik,3,NASIONAL,250,News,12,NKRI,1,Operasi Yustisi,1,ORGANISASI,1,Organisasi Wartawan,3,Partai,9,PENDIDIKAN,59,Perawatan Rambut,1,Perawatan Tubuh,3,Perihnya Hidup,1,Peristiwa,49,Politik,31,Politik Dan Hukum,156,Resep Makanan - Minuman,1,SOSIAL BUDAYA,206,Tehnologi,3,TNI POLRI,65,Tokoh Publik,4,TV LIVE,2,UNIK DAN LANGKA,2,Viral,21,Wisata Nusantara,17,
ltr
item
detikline: Kualiatas Air Buruk, PT PAM (Palyja) Di Keluhkan Warga Semanan
Kualiatas Air Buruk, PT PAM (Palyja) Di Keluhkan Warga Semanan
https://1.bp.blogspot.com/-mffeH2_LN1M/X-716STtqlI/AAAAAAAADm8/uJ7wM4l9p_ccGkdSvpg0bzGbKFrUOaPUwCLcBGAsYHQ/s320/pali1.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-mffeH2_LN1M/X-716STtqlI/AAAAAAAADm8/uJ7wM4l9p_ccGkdSvpg0bzGbKFrUOaPUwCLcBGAsYHQ/s72-c/pali1.jpeg
detikline
https://www.detikline.com/2021/01/kualiatas-air-buruk-pt-pam-palyja-di.html
https://www.detikline.com/
https://www.detikline.com/
https://www.detikline.com/2021/01/kualiatas-air-buruk-pt-pam-palyja-di.html
true
2574086507560378712
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy