POLITIK HUKUM$type=carousel

Membangun Ideologi Sebagai Dasar Negara Di Kalangan Milenial, Sekjend MPR RI Berikan Materi Sosialisasi Empat Pilar

Penulis : Nur Zahrawati detikline.com Jakarta - Kaukus Muda Indonesia (KMI) yang dipimpin oleh Edi Humaidi bekerjasama dengan MPR RI, mengg...

Penulis : Nur Zahrawati

detikline.com Jakarta - Kaukus Muda Indonesia (KMI) yang dipimpin oleh Edi Humaidi bekerjasama dengan MPR RI, menggelar seminar Sosialisasi Empat Pilar Pancasila, bertempat di Gedung Joang, Lt 3, Jalan Menteng Raya No. 31, Jakarta Pusat, Senin (13/12/2021). 

Seminar tersebut dilaksanakan sebagai dasar dan ideologi negara UUD NKRI Tahun 1945, konstitunsi negara, serta ketetapan MPR NKRI sebagai bentuk Negara Bhineka Tunggal Ika, dan Semboyan Negara.

Acara tersebut dipandu oleh Mochammad Thoha sebagai Moderator dan turut dihadiri Sekjend Dr. Ma'aruf Cahyono,S.H., M.H. sebagai pemateri pada Acara tersebut.

Kemudian, Mahasiswa yang bergabung juga terdiri dari Universitas Bung Karno (UBK), Universitas Pancasila (UP), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dan beberapa Universitas yang ada di Jabodetabek.

Sosialisai Empat Pilar sebagai refrensi bagi para narasumber dan masyarakat tentang sejarah, tantangan, perkembangan, dan aktualisasi nilai-nilai pancasila tentunya dianggap penting karena, penyelenggara negara dan semua seluruh komponen masyarakat tersebut berhak untuk diberikan sosialisasi dan diberikan pemahaman secara komprehensif agar Pancasila tidak hanya melekat dipikiran tetapi juga di implementasikan didalam berkehidupan berbangsa dan berkenegaraan.

"Demikian juga generasi milenial yang sebenarnya terjadi ancaman paling nyata dan terjadi ke generasi paling rentan dengan ancaman radikalisme, terorisme dan ekstrimisme. Karena itu, sosialisasi sangat penting dan harus masih dilakukan, karena memang harus diakui belakangan ini ancaman ideologi transaksional itu nyata dan harus betul-betul diwaspadai," imbuh Thoha.

Sementara itu, Maaruf mengatakan, bahwa ideologi sebagai pondasi dan pemahaman terhadap ideologi tersebut  sangatlah penting.

"Maka memahami ideologi juga harus tahu dulu tentang bangsa dan sebagai pondasi. Kalau dia tidak terus kuat menopang, itu maksud saya, negara bangsa itu, tentunya negara bangsa itu punya kebijakan dimana ? Oleh karna itu kalau bicara dari keseluruhan yang penting bagi hidupnya sebuah negara pasti ada yang menjawab. kalau menjawabnya berdasarkan filsafat negara ada ideologi, tapi kalau menjawabnya adalah hal-hal praktis dan diperlukan konkrit didepan mata yang penting kita bisa tidur, kira-kira tapi, bagaimana bisa tidur, aman, tentram, damai kalau negaranya tidak damai dan tentram kan begitu," ucap Maaruf.

"Karena pancasila adalah pondasi makanya pondasi itu harus kita perkuat, siapa yang nemperkuat? Ya kita," sambungnya

Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara ialah kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami seluruh masyarakat. Dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat. Konsep Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Sekjend Maaruf juga berpesan kepada mahasiswa yang turut hadir dalam acara sosialisasi empat pilar tersebut agar mengambil peran dan  untuk menyambut masa depan dengan tetap mempertahankan karakter dan nilai-nilai kebangsaan.

"Saudara semua, yang pertama ini adalah momentum yang sangat apik, tidak sembarang kita punya kesempatan duduk di ruangan apalagi kalau tidak sehat. Tidak ada ilmu yang memiliki manfaat jika tidak dimanfaatkan. Buku sebagai sumber ilmu itu dirawat. Kitabnya negara adalah konjungsi. yang ketiga, setelah ini saudara-saudara ini menjadi narasumber menjadi orang lain, ngobrolin ideologi itu bukan jadul, tapi mulia. Generasi muda kami harus tetap solid, bersatu dan punya kreativitas dan berkolaborasi untuk membangun masyarakat," pungkasnya.

COMMENTS

BLOGGER
Name

Agama,11,Anugerah PWI,13,Artikel,15,Berita Artis,42,Berita Cuaca,11,Berita Daerah,576,BERITA DUKA,21,Berita Informasi,15,Berita Kebakaran,20,Berita Olahraga,37,Berita Tehnologi,2,Bisnis,6,EDITORIAL,2,EKONOMI,50,FASHION,6,Featured,22,Gaya Hidup,3,Gempa,2,Giat PWI,2,Giat Vaksin,23,Hikmah,1,Hukum,116,HUT RI 76,1,INDEX SAHAM EKONOMI,8,Indonesia Update,3,informasi Covid-19,27,Informasi Vaksin,6,INTERNATIONAL,14,Jakarta Kini,56,Kebakaran,1,Kesehatan Gizi,10,Kesehatan Tubuh,15,Kesehatan Wajah,9,KRIMINAL,100,Musik,2,NASIONAL,144,News,11,NKRI,1,Operasi Yustisi,1,ORGANISASI,1,Organisasi Wartawan,3,Partai,9,PENDIDIKAN,38,Perawatan Rambut,1,Perawatan Tubuh,3,Peristiwa,35,Politik,5,Politik Dan Hukum,148,Resep Makanan - Minuman,1,SOSIAL BUDAYA,134,Tehnologi,3,TNI POLRI,56,Tokoh Publik,4,TV LIVE,2,Viral,12,Wisata Nusantara,8,
ltr
item
detikline: Membangun Ideologi Sebagai Dasar Negara Di Kalangan Milenial, Sekjend MPR RI Berikan Materi Sosialisasi Empat Pilar
Membangun Ideologi Sebagai Dasar Negara Di Kalangan Milenial, Sekjend MPR RI Berikan Materi Sosialisasi Empat Pilar
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEh2wrZNTuNntpIkvu0LXJe3Bxf8t39w_TtlMESFng9yEXeUrUd8Qg-2RZuXNUruHu6KZeACb30FY2705gAt5aBfcm7NrrJY9PGPpW1zrlUdGxigabhbVeOZf0pSZ70S3T2B1G97JUEUetNy_qgZ-z8Y9u5CosccQ12r2JqN4i6N9BrMVrNnim0mz15l=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEh2wrZNTuNntpIkvu0LXJe3Bxf8t39w_TtlMESFng9yEXeUrUd8Qg-2RZuXNUruHu6KZeACb30FY2705gAt5aBfcm7NrrJY9PGPpW1zrlUdGxigabhbVeOZf0pSZ70S3T2B1G97JUEUetNy_qgZ-z8Y9u5CosccQ12r2JqN4i6N9BrMVrNnim0mz15l=s72-c
detikline
https://www.detikline.com/2021/12/membangun-ideologi-sebagai-dasar-negara.html
https://www.detikline.com/
https://www.detikline.com/
https://www.detikline.com/2021/12/membangun-ideologi-sebagai-dasar-negara.html
true
2574086507560378712
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy