BPR Baturaja

BPR Baturaja
Bank Perkreditan Rakyat Baturaja (Perseroda) Siap Melayani Masyarakat Baturaja

POLITIK HUKUM$type=carousel

APPERINDO Buat Terobosan Rumah Huni Bagi Masyarakat Katagori Non Bank Cable

detikline.com Jakarta - Rumah merupakan salah satu kebutuhan utama bagi seluruh masyarakat yang sudah berkeluarga. Berbagai macam cara dila...

detikline.com Jakarta - Rumah merupakan salah satu kebutuhan utama bagi seluruh masyarakat yang sudah berkeluarga.

Berbagai macam cara dilakukan untuk dapat memiliki rumah, ada yang membangun sendiri dan ada yang membeli dari orang lain, ada yang membeli dari Keluarga. Ada yang membeli dari pengembang, baik dengan cara membeli tunai, dan tempo berjangka waktu, maupun membeli dengan cara kredit. 

Walaupun rumah merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat yang sudah berkeluarga, namun masih ada yang belum bisa memilikinya, disebabkan karena keterbatasan kemampuan.

Oleh karenanya, pemerintah hadir membantu  meringankan beban masyarakat tersebut. Salah satu di antaranya adalah menyediakan program kepemilikan rumah kredit bersubsidi tipe 36, baik dengan cara subsidi selisih bunga (SSB) maupun menggunakan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan perumahan (FLPP).

Setiap tahun tidak sedikit anggaran pemerintah yang di peruntukkan, guna mensejahterakan rakyat dalam membantu kepemilikan rumah bersubsidi tipe 36, yang layak dan terjangkau. 

Baca juga : Alumi 423 Intel Kodim 0503/JB Gelar Halal Bihalal

Namun kenyataan dilapangan  masih ada masyarakat yang belum juga bisa memiliki rumah hunian yang layak, dan terjangkau, walaupun dengan program kredit kepemilikan rumah (KPR) bersubsidi tipe 36 tersebut. 

Hal ini disebabkan masih banyak masyarakat yang ter-eliminasi dari analisa perbankkan selaku pelaksana KPR subsidi (masyarakat non bank cable). Hal ini terjadi disebabkan karena pekerjaan, bisa dari pendapatan dan juga bisa dari usia.

Baca juga : Hari Raya Waisak, 7 Warga Binaan Pemasyarakatan Beragama Buddha Rutan Kelas I Tangerang mendapatkan Remisi Khusus

Kami dari Asosiasi Pengusaha Perumahan Indonesia (APPERINDO) mencoba membuat terobosan sebagai solusi yang dapat menselaraskan antara kemampuan dan keamanan serta kenyamanan semua pihak. 

Baik pemerintah perbankkan maupun masyarakat yang memerlukan hunian rumah yang layak dan sangat terjangkau, namun terkatagori sebagai masyarakat non bank cable.

Menurut kami, dengan cara menekan harga hingga sampai separuh dari harga rumah subsidi tipe 36 lah yang akan dapat membantu meringankan beban kewajiban angsuran sampai terkatagori masyarakat non bank cable, menjadi layak patut, pantas dan bisa untuk di biayai perbankkan, dengan tetap menjaga kualitas dan kuantitas bangunan. 

Hal ini juga hanya dapat dilakukan apabila pembangunan perumahan tipe 36 tersebut dibangun di atas tanahnya sendiri, dibangun di atas tanah milik/pemberian orang tua. Dibangun diatas tanah milik/pemberian keluarga maupun dibangun diatas tanah milik pemerintah, yang berada dalam areal/kawasan perkampungan, pedesaan maupun perkotaan. 

Sehingga banyak biaya yang dapat dihilangkan, seperti tidak adanya biaya pembelian tanah kapling rumah, tanah jalan, tanah drainase, tanah fasus dan fasum, serta hilangnya pembiayaan pembangunan pengairan. Drainase, jaringan listrik  fasus maupun fasum, pembangunan jalan, dan pembangunan lainnya.

Sehingga pembiayaan yang dikeluarkan hanya terfokus pada biaya pembangunan rumah. Biaya instalasi dan KWH listrik, serta biaya - biaya perizinan saja. Tentulah hal ini akan dapat mengurangi beban biaya cukup banyak. Sehingga rumah tipe 36 subsidi yang layak dan sangat terjangkau dapat diwujudkan.

Efektif dan efisiensi anggaran perumahan subsidi oleh pemerintah tentu dapat terjadi. Dimana anggaran 1 unit perumahan tipe 36 subsidi saat ini dapat digunakan untuk membiayai perumahan yang sama 2 unit, bahkan sampai 3 unit. 

Memaksimalkan pemanfaatan sarana dan prasarana yang telah dibiayai dan dibangun oleh pemerintah daerah. Diantaranya adalah seperti drainase, pengairan, jalan, pasar, tempat ibadah, tempat bermain/taman, sarana olah raga, sarana pendidikan, sarana kesehatan, dan sarana ibadah lainnya, sehingga dapat mengurangi dan menekan biaya pembangunan secara maksimal.

Menekan dan mengurangi akan terjadinya pembangunan perumahan pada  lahan lahan pertanian. Menekan adanya urbanisasi dan memungkinkan terjadinya ruralisasi.

Program inilah yang sedang kami perjuangkan untuk dapat diterima oleh pemerintah pusat, sebagai salah satu terobosan solusi guna percepatan pemenuhan rumah bagi masyarakat terutama bagi masyarakat yang kurang mampu, namun sangat memerlukan dan membutuhkan rumah hunian. 

Dengan solusi menekan harga rumah tipe 36 sampai dengan separuh dari harga rumah subsidi. Membangun rumah tipe 36 di atas tanah sendiri," tutur Ketum APPERINDO Tukirin Suryo Adinagoro, SE. (RRI/ WAN)

Name

Agama,11,Anugerah PWI,13,Artikel,18,Berita Artis,49,Berita Cuaca,11,Berita Daerah,619,BERITA DUKA,24,Berita Informasi,17,Berita Kebakaran,24,Berita Olahraga,42,Berita Tehnologi,2,Bisnis,6,EDITORIAL,2,EKONOMI,54,FASHION,6,Featured,22,Gaya Hidup,3,Gempa,2,Giat PWI,2,Giat Vaksin,23,Hikmah,1,Hukum,155,HUT RI 76,1,INDEX SAHAM EKONOMI,8,Indonesia Update,3,informasi Covid-19,27,Informasi Vaksin,6,Inspirasi,3,INTERNATIONAL,15,Jakarta Kini,57,Kasus Narkoba,1,Kebakaran,1,Kesehatan Gizi,10,Kesehatan Tubuh,15,Kesehatan Wajah,9,KRIMINAL,128,Musik,2,NASIONAL,226,News,11,NKRI,1,Operasi Yustisi,1,ORGANISASI,1,Organisasi Wartawan,3,Partai,9,PENDIDIKAN,52,Perawatan Rambut,1,Perawatan Tubuh,3,Peristiwa,44,Politik,23,Politik Dan Hukum,154,Resep Makanan - Minuman,1,SOSIAL BUDAYA,171,Tehnologi,3,TNI POLRI,60,Tokoh Publik,4,TV LIVE,2,UNIK DAN LANGKA,2,Viral,17,Wisata Nusantara,14,
ltr
item
detikline: APPERINDO Buat Terobosan Rumah Huni Bagi Masyarakat Katagori Non Bank Cable
APPERINDO Buat Terobosan Rumah Huni Bagi Masyarakat Katagori Non Bank Cable
https://1.bp.blogspot.com/-3u4Vk-ZnhC8/YK4PnFbrceI/AAAAAAAAFrw/8VRSpf4uteow7qg_47xf56cUmAiIMiYGgCLcBGAsYHQ/s320/ap%2B1.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-3u4Vk-ZnhC8/YK4PnFbrceI/AAAAAAAAFrw/8VRSpf4uteow7qg_47xf56cUmAiIMiYGgCLcBGAsYHQ/s72-c/ap%2B1.jpeg
detikline
https://www.detikline.com/2021/05/apperindo-buat-terobosan-rumah-huni.html
https://www.detikline.com/
https://www.detikline.com/
https://www.detikline.com/2021/05/apperindo-buat-terobosan-rumah-huni.html
true
2574086507560378712
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy