Pemasangan Iklan dan Promosi Produk


POLITIK HUKUM$type=carousel

Kisah Inspiratif " Wartawan "

detikline.com Jakarta - Penakluk "Napoleon Bonaparte" ternyata lebih takut kepada 10 wartawan, daripada 100 divisi tentara musuh....

detikline.com Jakarta - Penakluk "Napoleon Bonaparte" ternyata lebih takut kepada 10 wartawan, daripada 100 divisi tentara musuh.

Orang yang pernah menjadi kaisar Perancis tersebut, pernah menggambarkan karakteristik wartawan, wartawan itu cerewet, pengecam, penasihat, pengawas, penguasa, dan guru bangsa.

"Empat surat kabar musuh lebih aku takuti, daripada seribu bayonet," tandasnya.

Sifat wartawan profesional, kenapa Napoleon Bonaparte bilang wartawan itu cerewet? karena wartawan harus bertanya, menggali informasi sedalam dan sedetil mungkin tentang sebuah peristiwa atau masalah, untuk dilaporkan kepada publik.

Peliputan peristiwa pasti butuh wawancara. Untuk wawancara, wartawan ya harus cerewet, tanya terus.

Pengecam, karena wartawan umumnya orang idealis. Secara langsung atau tidak langsung, eksplisit ataupun implisit, wartawan mengecam ketidak beresan, pejabat korup, masyarakat yang tidak disiplin atau tidak taat aturan.

Orang idealis senantiasa menginginkan semua berjalan pada relnya, sesuai dengan aturan, dan tidak menyukai berbagai penyimpangan. 

Wartawan juga seorang penasihat, karena wartawan menjalankan fungsi mendidik (to educate). Mendidik pembacanya biar taat asas, mengendalikan pemikiran dan sikap mereka lewat tulisan.

Tanpa harus terkesan dan terasa menggurui, dengan menyajikan sebuah informasi penting dan menarik, sebenarnya wartawan sedang menjadi penasihat bagi banyak orang (pembaca).

Menjadi pengawas, karena wartawan menjalankan peran sebagai pengawas kinerja pemerintah, dan perilaku masyarakat (social control). 

Wartawan adalah mata dan telinga pembaca/ masyarakat. Semua peristiwa penting tidak luput dari pantauan wartawan, baik penting dalam pengertian menyangkut orang penting (public figur, pejabat), maupun menyangkut kepentingan umum.

Dan tanpa kita sadari, wartawan adalah penguasa, karena wartawan adalah pengendali arus informasi. Wartawan menentukan apa yang penting dan tidak, menentukan apa yang mesti dipikirkan oleh publik, bahkan mampu mengarahkan, secara langsung atau tidak langsung, bagaimana publik harus menyikapi sebuah masalah. Di sini berjalan agenda media (agenda setting).

Dan yang terakhir, wartawan adalah guru bangsa, seperti penasihat, wartawan mendidik pembacanya dalam berbagai hal. Pesan yang dikandung sebuah informasi yang ditulis wartawan, adalah didikan wartawan.

Tentu, semua karakter itu ada pada diri wartawan profesional, yakni wartawan yang menguasai betul teknik jurnalistik, paham bidang liputannya, dan menaati kode etik.

Sedangkan Wartawan yang menjadi pemeras, pencari amplop, atau menyalahgunakan profesinya, jelas bukan wartawan profesional. Sebut saja mereka wartawan gadungan, wartawan bodreks, yang hanya merusak citra insan pers. 

Ada juga wartawan kuda tunggan, yakni wartawan yang dikendalikan oleh seseorang (pejabat misalnya) dengan bayaran amplop, serta masih banyak lagi istilah-istilah untuk wartawan.

Loyal terhadap publik dan kebenaran. Wartawan dituntut untuk tetap loyal terhadap publik dan kebenaran. Kebenaran dalam dunia jurnalistik, parameternya adalah faktual, sesuai dengan fakta, data, tidak ada yang dimanipulasi, apa adanya. 

Dan semoga wartawan di republik ini, mampu menjadi wartawan seperti yang digambarkan oleh sang penakluk.

"SELAMAT HARI PERS " 🤝🏼👏🏼👍🏽🙏🏻

Name

Agama,11,Anugerah PWI,15,Artikel,20,Artikel dan Opini,2,Berita Artis,58,Berita Cuaca,11,Berita Daerah,778,BERITA DUKA,27,Berita Informasi,22,Berita Kebakaran,32,Berita Olahraga,65,Berita Sanggahan,1,Berita Tehnologi,2,Bisnis,6,EDITORIAL,2,EKONOMI,79,FASHION,6,Featured,22,Gaya Hidup,3,Gempa,8,Giat PWI,2,Giat Vaksin,23,Hikmah,1,Hukum,227,HUT RI 76,1,INDEX SAHAM EKONOMI,8,Indonesia Update,3,informasi Covid-19,27,Informasi Vaksin,6,Inspirasi,3,INTERNATIONAL,19,Jakarta Kini,63,Kasus Narkoba,14,Kebakaran,1,Kesehatan Gizi,10,Kesehatan Tubuh,19,Kesehatan Wajah,9,KRIMINAL,175,MITOS Atau FAKTA,2,Musik,4,NASIONAL,355,News,12,NKRI,1,Operasi Yustisi,1,ORGANISASI,1,Organisasi Wartawan,3,Partai,11,PENDIDIKAN,76,Perawatan Rambut,1,Perawatan Tubuh,5,Perihnya Hidup,1,Peristiwa,51,Politik,81,Politik Dan Hukum,176,Resep Makanan - Minuman,1,SOSIAL BUDAYA,343,Tehnologi,3,TNI POLRI,89,Tokoh Publik,4,TV LIVE,2,UNIK DAN LANGKA,2,Viral,22,Wisata Nusantara,26,
ltr
item
detikline: Kisah Inspiratif " Wartawan "
Kisah Inspiratif " Wartawan "
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgi0XFKHW0xkc8joqN3I-BAeGnk9Yy8H9-U4S8nupQ0p3J3waUgnqh36hce7J5mEu2WTeXZDo0reGVGmoqFOacA-xkkD59r5P_HsZLTxdJDYdVqZGrEq8ms6iY7E1UO1gC7HJRtJ8tB1eg/s320/gambr+1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgi0XFKHW0xkc8joqN3I-BAeGnk9Yy8H9-U4S8nupQ0p3J3waUgnqh36hce7J5mEu2WTeXZDo0reGVGmoqFOacA-xkkD59r5P_HsZLTxdJDYdVqZGrEq8ms6iY7E1UO1gC7HJRtJ8tB1eg/s72-c/gambr+1.jpg
detikline
https://www.detikline.com/2021/02/kisah-inspiratif-wartawan.html
https://www.detikline.com/
https://www.detikline.com/
https://www.detikline.com/2021/02/kisah-inspiratif-wartawan.html
true
2574086507560378712
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy