POLITIK HUKUM$type=carousel

Kepedulian Menteri Koperasi Terhadap Pemberdayaan Sabut Kelapa

Jakarta, detikline.com -  Pembukaan kegiatan Bimtek dilokasi “Factory Sharing Rumah Produksi Bersama” di desa Kapitu, kecamatan Amurang Min...

Jakarta, detikline.comPembukaan kegiatan Bimtek dilokasi “Factory Sharing Rumah Produksi Bersama” di desa Kapitu, kecamatan Amurang Minahasa Selatan, resmi dibuka Bupati Minsel Franky Donny Wongkar. Rabu (30/8/2023).

Franky mengatakan, Factory Sharing ini merupakan program yang mendukung kemitraan antar UMKM dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Usaha Besar, untuk meningkatkan mutu produk dan modernisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Nantinya standart produk UMKM akan sejajar dengan standart industri. Standar industri pada produk UMKM  kini sangat diperlukan, mengingat kini peluang kemitraan dengan BUMN dan Usaha Besar diperlukan produk berstandar industri," ucapnya.

Sementara itu, penggiat produk kelapa dan turunannya, Jurika Fratiwi, SE, MM menjelaskan, Sulawesi Utara salah satu Provinsi sebagai penghasil buah kelapa terbesar di Indonesia.

"Sulawesi Utara termasuk minim teknologi untuk  pengelolaan sabut kelapa, berbeda dengan teknologi pengelolaan sabut kelapa di pulau Jawa yang jauh lebih maju, sehingga banyak produk sabut kelapa dan turunannya dikelola dengan baik," jelas Jurika, yang pernah menghadiri konferensi sabut kelapa dunia di Klara India.

Jurika yang saat ini menjabat sebagai Sekjend di Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (HIPMIKINDO) lebih lanjut memaparkan,  Minahasa Selatan tidak hanya memproduksi cocofiber yang di eksporke China, karena selama ini dari negara-negara maju banyak import produk jadi sabut kelapa ke China. Posisi saat ini Indonesia hanya mampu menjual bahan baku setengah jadi ke China.

"Bayangkan di Indonesia tingkat pengangguran masih tinggi, sementara peluang tenaga kerja dipangkas dengan penjualan law material kelapa dan turunannya," tegasnya.

Berdasarkan data FAO tahun 2014-2018 Indonesia menduduki sebagai negara produsen kelapa terbesar di dunia dengan rata-rata produksi 18,04 juta ton kelapa butir disusul oleh Filipina, India, Sri Lanka dan Brasil.

Pemerintah dan para pemangku kepentingan di Indonesia kurang peduli dengan kekayaan sumber daya alam, buktinya tidak ada regulasi yang diatur  untuk peredaran atau penjualan buah kelapa, masih banyak di ekspor buah kelapa ke beberapa negara dan penjualan ekspor terbatas hanya pada cocofiber saja.

"Jika dihitung berapa tenaga kerja yang dipangkas dengan penjualan buah kelapa dan penjualan cocofiber? sudah saatnya regulasi dibuat menyusul dengan India dan Philipina yang sudah terlebih dahulu membuat aturan untuk mengeskpor barang jadi, sehingga apa yang selalu di gaungkan presiden terkait hilirisasi tidak hanya untuk nikel, mineral, tembaga dan bauksit saja, tapi juga diberlakukan untuk produk sumber daya alam” kata Jurika, yang juga sebagai trainer SMI Consultant, untuk SCORE Training dan pengembangan UKM.

"Saya memiliki ratusan binaan industri rumahan sabut kelapa yang memproduksi sabut kelapa dan turunan antara lain cocomesh, cocoheet, cocoroll dll. Hal ini menjadi pemerataan ekonomi untuk daerah pesisir dan sekitarnya, produk tersebut di pergunakan untuk pembangunan infrastruktur di IKN Kalimantan, bahkan Sulawesi Utara sendiri yang memiliki sabut kelapa terbanyak infrastrukturnya belum menggunakan sabut kelapa," kata Jurika.

Jurika yang menjabat sebagai ketua lingkungan hidup dan perikanan, erharap agar Menteri PUPR menggunakan sabut kelapa sebagai media penyehatan dan penguatan infrastrukturdi IKN di beberapa daerah, yang saat ini masih menggunakan pelastikgeomat.

"Kenapa kita tidak bangga dengan produk kita sendiri yang jelas sabut kelapa yang akan tergredibel dengan tanah dan menjadi unsur hara bagi tanah, tapi lebih percaya dengan plastik yang saat in kita sedang perangi dan kampanyekan untuk mengurangi sampah plastik," sambungnya.

"Saya menantang pihak PUPR yang membuat aturan pekerjaan teknis pengunaan geomat, dengan membuat kajian ata ustudi banding, saya sangat meyakini cocomesh 1000 persen lebih baik darigeomat, produk yang saat ini menjadi primadona di PUPR," lanjut Jurika.

Dalam waktu ini, Juirka mengaku akan menjumpai Menteri PUPR untuk memberikan masukkan dan memohon agar Pembangunan IKN menggunakan cocomesh lebih banyak agar menyerap sumber daya alam Indonesia lebih banyak dan demi kelestarian lingkungan dan mendorong percepatan ekonomi hijau.

Jurika juga mengapresiai Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki yang sudah memilih salah satu daerah yang memiliki potensi bagus untuk UMKM karena kaya dengan sumber daya alamnya yakni Program Rumah Produksi yang sangat tepat sasaran karena mengangkat tentang buah kelapa yang menduduki nomor 1 di dunia dan provinsi terbesar penghasil kelapa nomer satu di Indonesia. *Rill/Lk

Name

Agama,11,Anugerah PWI,15,Artikel,20,Artikel dan Opini,2,Berita Artis,58,Berita Cuaca,11,Berita Daerah,766,BERITA DUKA,27,Berita Informasi,22,Berita Kebakaran,32,Berita Olahraga,64,Berita Sanggahan,1,Berita Tehnologi,2,Bisnis,6,EDITORIAL,2,EKONOMI,79,FASHION,6,Featured,22,Gaya Hidup,3,Gempa,8,Giat PWI,2,Giat Vaksin,23,Hikmah,1,Hukum,227,HUT RI 76,1,INDEX SAHAM EKONOMI,8,Indonesia Update,3,informasi Covid-19,27,Informasi Vaksin,6,Inspirasi,3,INTERNATIONAL,19,Jakarta Kini,63,Kasus Narkoba,12,Kebakaran,1,Kesehatan Gizi,10,Kesehatan Tubuh,19,Kesehatan Wajah,9,KRIMINAL,169,MITOS Atau FAKTA,2,Musik,3,NASIONAL,351,News,12,NKRI,1,Operasi Yustisi,1,ORGANISASI,1,Organisasi Wartawan,3,Partai,11,PENDIDIKAN,74,Perawatan Rambut,1,Perawatan Tubuh,5,Perihnya Hidup,1,Peristiwa,51,Politik,78,Politik Dan Hukum,176,Resep Makanan - Minuman,1,SOSIAL BUDAYA,333,Tehnologi,3,TNI POLRI,83,Tokoh Publik,4,TV LIVE,2,UNIK DAN LANGKA,2,Viral,22,Wisata Nusantara,26,
ltr
item
detikline: Kepedulian Menteri Koperasi Terhadap Pemberdayaan Sabut Kelapa
Kepedulian Menteri Koperasi Terhadap Pemberdayaan Sabut Kelapa
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjHJ8Mq0kHYdHhV_gZlUvbLlSdHqEMQW_68RgCJBZpgyZBYWZt_VrQhW1oxDizv4lulgiMmO-niiaknTJU14r5BqnzsK81CRIZYrKKynUFwTYAf92fssMQeAL1UU4WE6NPzbnolXquxNQleS8bA8nojdtYwPJ7zBbX0e1pRLgZAzfisVp9ReUc_BJRS-to/s320/WhatsApp%20Image%202023-09-03%20at%2010.42.37%20(2).jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjHJ8Mq0kHYdHhV_gZlUvbLlSdHqEMQW_68RgCJBZpgyZBYWZt_VrQhW1oxDizv4lulgiMmO-niiaknTJU14r5BqnzsK81CRIZYrKKynUFwTYAf92fssMQeAL1UU4WE6NPzbnolXquxNQleS8bA8nojdtYwPJ7zBbX0e1pRLgZAzfisVp9ReUc_BJRS-to/s72-c/WhatsApp%20Image%202023-09-03%20at%2010.42.37%20(2).jpeg
detikline
https://www.detikline.com/2023/09/hipmikindo-berikan-apresiasi-menteri.html
https://www.detikline.com/
https://www.detikline.com/
https://www.detikline.com/2023/09/hipmikindo-berikan-apresiasi-menteri.html
true
2574086507560378712
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy