Pemasangan Iklan dan Promosi Produk


POLITIK HUKUM$type=carousel

FSGI Dukung Hilangkan Tes Calistung Dalam PPDB SD dan Desak Nadiem Evaluasi Buku Teks SD Kelas 1

Jakarta, detikline.com - Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) mendukung kebijakan KemendikbudRistek terkait Merdeka Belajar Episode ke-24...

Jakarta, detikline.com - Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) mendukung kebijakan KemendikbudRistek terkait Merdeka Belajar Episode ke-24 yang salah satu poinnya menghilangkan tes baca tulis dan hitung (calistung) dalam PPDB jenjang Sekolah Dasar (SD), namun harus disertai juga dengan pembenahan buku buku teks kelas 1 SD.

“Karena FSGI menilai buku teks kelas 1 yang beredar dan digunakan banyak sekolah saat ini erlalu berat bagi anak yang masih belajar baca dan berhitung," ujar Retno Listyarti, ketua Dewan Pakar FSGI.

Pertimbangan dukungan FSGI atas kebijakan Hilangkan Calistung Pada Tes PPDB SD

Pertama, Tes Calistung untuk seleksi siswa baru di jenjang SD telah mendorong guru guru PAUD dan Taman Kanak Kanak mengajarkan baca, tulis dan hitung yang melampaui batas yang seharusnya diajarkan pada anak usia 4-6 tahun.

Sehingga banyak anak saat ini bisa membaca diusia dini, namun bukan gemar atau cinta membaca untuk ke depannya. Hal yang dipaksakan sebelum waktunya juga berpotensi kuat membebani mental anak-anak yang harusnya baru mengenal huruf dan angka serta berhitung ringan dengan menggunakan benda-benda yang dikenal anak. 

Kedua, kebijakan ini sekaligus menjadi kepastian hukum bagi penyelenggaraan seleksi PPDB untuk jenjang SD. Artinya, jika  ada SD yang melakukan tes Calistung dalam PPDB SD, maka satuan pendidikan tersebut telah melanggar Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru. 

Ketiga, masuk SD Seleksi Menggunakan Usia, yaitu 7 tahun. Umumnya tes Calistung dilakukan oleh sekolah berbasis masyarakat atau SD swasta, karena untuk SD negeri atau sekolah milik pemerintah ketentuannya sangat jelas, yaitu seleksi menggunakan usia anak, hanya itu. 

Baca tulis dan berhitung seharusnya dimulai ketika anak berusia 7 tahun atau saat anak memasuki usia SD.  Jadi tak tepat menerapkan tes calistung ketika anak mau mendaftar SD. 

“Umumnya anak-anak baru bisa fokus untuk belajar hitung-hitungan ketika mereka memasuki usia 6-7 tahun. Sebab, di usia ini sensorik dan motorik anak sudah siap untuk mempelajari angka-angka dengan baik”, ujar Heru Purnomo Sekjen FSGI. 

Rekomendas

FSGI mendorong KemendikbudRistek yang telah Kebijakan meniadakan tes calistung PPDB SD harus disertai pembenahan buku-buku  teks pelajaran kelas 1 SD. Karena, buku-buku teks jenjang SD saat ini justru bertentangan dengan kebijakan Mendikbud yang meniadakan Calistung untuk PPDB SD, karena buku teks kelas 1 SD sudah didominasi dengan tulisan dan bacaan yang panjang-panjang. 

Selain itu, pelajaran berhitungnya juga sudah rumit, misalnya sudah ada pengurangan dengan angka angka yang cukup besar, sehingga anak bingung dengan istilah berhitung dengan disimpan angkanya atau pinjam ke angka sebelahnya yang puluhan atau yang ratusan.  

“Ini PR yang harus juga dipertimbangkan, buku-buku teks SD kelas 1 seharusnya sejalan dengan kebijakan merdeka belajar episode 24 ini," tegas Retno. 

FSGI mendorong KemendikbudRistek dan Dinas-Dinas Pendidikan untuk mengedukasi para guru dan  orangtua terkait kebijakan meniadakan tes Calistung untuk jenjang SD, yang berarti pandangan umum bahwa saat anak masuk SD sudah mampu calistung harus diubah. 

Merujuk pada pengertiannya, calistung  adalah singkatan dari baca, tulis dan berhitung. Calistung merupakan pembelajaran dasar yang perlu anak pahami sejak dini guna mempermudahnya menerima pelajaran-pelajaran di masa depan. Dengan calistung anak akan diajarkan untuk mengenal huruf dan angka.

“Namun, harus berhati-hati saat mengajarkan calistung pada anak. Ajarkan sesuai porsinya.  Orangtua disarankan untuk menghindari mengajarkan calistung pada si Kecil terlalu berat. Sebab, hal tersebut dapat mengganggu mental anak dan akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak," pungkas Heru. Rill/RED

Name

Agama,11,Anugerah PWI,15,Artikel,20,Artikel dan Opini,2,Berita Artis,58,Berita Cuaca,12,Berita Daerah,795,BERITA DUKA,27,Berita Informasi,22,Berita Kebakaran,32,Berita Olahraga,69,Berita Orang Hilang,1,Berita Sanggahan,1,Berita Tehnologi,2,Bisnis,6,EDITORIAL,2,EKONOMI,80,FASHION,6,Featured,22,Gaya Hidup,3,Gempa,8,Giat PWI,2,Giat Vaksin,23,Hikmah,1,Hukum,230,HUT RI 76,1,INDEX SAHAM EKONOMI,8,Indonesia Update,3,informasi Covid-19,27,Informasi Vaksin,6,Inspirasi,3,INTERNATIONAL,19,Jakarta Kini,66,Kasus Narkoba,19,Kebakaran,1,Kesehatan Gizi,10,Kesehatan Tubuh,19,Kesehatan Wajah,9,KRIMINAL,177,MITOS Atau FAKTA,2,Musik,4,NASIONAL,363,News,12,NKRI,1,Operasi Yustisi,1,ORGANISASI,1,Organisasi Wartawan,3,Partai,11,PENDIDIKAN,80,Perawatan Rambut,1,Perawatan Tubuh,5,Perihnya Hidup,1,Peristiwa,52,Politik,86,Politik Dan Hukum,179,Resep Makanan - Minuman,1,SOSIAL BUDAYA,350,Tehnologi,3,TNI POLRI,98,Tokoh Publik,4,TV LIVE,2,UNIK DAN LANGKA,2,Viral,22,Wisata Nusantara,29,
ltr
item
detikline: FSGI Dukung Hilangkan Tes Calistung Dalam PPDB SD dan Desak Nadiem Evaluasi Buku Teks SD Kelas 1
FSGI Dukung Hilangkan Tes Calistung Dalam PPDB SD dan Desak Nadiem Evaluasi Buku Teks SD Kelas 1
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9qfoHZhZtqlaYdxN2R2jnIK6WG2GBMa87BqoJAePNhYHr1y2excxlST23fZWqzOWw9Y3_qX0TqhZmcMr46QSenioAieJtkd3PubOK4ZN4pw_pNTpcTJjy-2TwQcv21Mx5Oic6XccGSZ_3CEJxI-zv1P3nt8Tj1edsa0XKYg4VKTLsOSYUz6uAACYr/s320/534340281.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9qfoHZhZtqlaYdxN2R2jnIK6WG2GBMa87BqoJAePNhYHr1y2excxlST23fZWqzOWw9Y3_qX0TqhZmcMr46QSenioAieJtkd3PubOK4ZN4pw_pNTpcTJjy-2TwQcv21Mx5Oic6XccGSZ_3CEJxI-zv1P3nt8Tj1edsa0XKYg4VKTLsOSYUz6uAACYr/s72-c/534340281.jpg
detikline
https://www.detikline.com/2023/03/fsgi-dukung-hilangkan-tes-calistung.html
https://www.detikline.com/
https://www.detikline.com/
https://www.detikline.com/2023/03/fsgi-dukung-hilangkan-tes-calistung.html
true
2574086507560378712
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy