Pemasangan Iklan dan Promosi Produk


POLITIK HUKUM$type=carousel

Marapi Consulting & Advisory, Gelar Webinar " Konflik Israel-Palestina dan Radikalisasi Timur Tengah"

detikline.com Jakarta - Marapi Consulting & Advisory mengadakan Webinar Konflik Israel-Palestina dan Radikalisasi Timur Tengah, pada Se...

detikline.com Jakarta - Marapi Consulting & Advisory mengadakan Webinar Konflik Israel-Palestina dan Radikalisasi Timur Tengah, pada Selasa (15/6/2021).

Hadir sebagai pembicara, Husen Abri Dongoran, Wartawan Tempo, Peliput isu-isu Terorisme dan Timur Tengah, Irjen (Pol) Purn. Ansyaad Mbai, Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Wira Halim, Founder dan Peneliti Marapi Consulting & Advisory.

Konflik Israel dan Palestina sudah berlansung puluhan tahun telah digunakan oleh kelompok yang dianggap radikal di Timur Tengah, seperti Ikhwanul-Muslimin (IM) dan Hizbut Tahrir (HT) untuk kepentingannya.

Hal itu disampaikan Irjen (Pol) Purn. Ansyaad Mbai, Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pada Webinar Konflik Israel-Palestina dan Radikalisasi Timur Tengah yang diselenggarakan oleh Marapi Consulting & Advisory di Jakarta, Selasa (15/6/2021).

Ansyaad Mbai mengatakan IM mendorong konflik ini menjadi konflik agama, padahal merupakan masalah politik. Tokoh Arab dan agama di Saudi Arabia juga beranggapan konflik ini masalah politik bukan agama, ujar mantan Kepala BNPT.

Baca juga : DKI Jakarta Tembus 4.000 Kasus Covid-19 Dalam Sehari

Hussein Abri Dorongan , wartawan media nasional Tempo yang telah melakukan perjalanan jurnalistik di Irak dan Suriah, mengatakan ada dua faksi besar di politik Palestina yaitu Fatah dan Hamas.

"Fatah adalah kelompok moderat dan Hamas cenderung ekstrim, Hamas yang berhaluan IM, tidak mau mengedepankan jalan damai dan berafiliasi dengan Iran," ujar Hussein.

Menurutnya, yang membedakan dengan isu ISIS, konflik di Palestina adalah isu teritorial dan bukan Ideologi. Husein dalam webinar juga menyampaikan penemuan awal perihal adanya usaha merekrut relawan "combatan" warga Indonesia untuk "siap berjihad mati" ke Palestina. 

Ansyaad Mbai lebih lanjut mengatakan isu Palestina sering digunakan untuk kepentingan politik domestik.

"Semua isu isu menyangkut masalah Timur Tengah akan menjadi bahan bagi kelompok radikal untuk mendelegitimasi Pemerintah, apa bila pemerintah tidak memperlihatkan keperpihakan kepada Palestina kususnya Hamas, pemerintah akan dianggap tidak berpihak kepada Islam, padahal bukan masalah agama disitu tetapi masalah politik," jelas Ansyaad Mbai.

Perlu pencerahan dan sosialisasi agar isu ini tidak di jadikan amunisi untuk menyerang pemerintah, bila tidak berpihak pada perjuangan Islam versi kelompok radikal, kata Ansyaad lagi.

Wira Halim, Founder dan Peneliti Marapi Consulting & Advisory mengatakan politik di Amerika juga menggunakan isu Israel-Palestina. Partai Republic terutama dari kalangan Kristen Evangelist dikenal pro Israel, sedangkan partai Demokrat lebih kritis atas kebijakan Israel berdasarkan kemanusiaan, bukan Agama.

Dr. Ruhaini mantan Staf Kusus Presiden dan Komisioner HAM Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang menjadi peserta diskusi menambahkan dalam suatu kesempatan sebagai perwakilan OKI bertemu Presiden Palestina Mahmud Abbas  di Ramalah dimana beliau sangat menekankan betul agar isu Palestina jangan dijadikan isu dalam negeri.

Ada sisi agama yang tidak bisa dinafikan (didalam konflik Israel-Palestina), tetapi harus bisa dipisahkan atau pilahkan untuk mendapat pemahaman yang komprehensif dimana titik sentralnya adalah penyelamatan kemanusiaan, kata Dr. Nuraini.

Indonesia bisa berperan lebih besar dalam menyelesaikan masalah Palestina, karena mempunyai daya tawar yang tinggi sebagai negara dengan penduduk beragama Islam terbesar di dunia. Indonesia mempunyai bargaining power yang besar, ungkap Ansyaad Mbai. 

Mantan perwira polisi ini mengatakan, ada semacam standard ganda di kalangan masyarakat dimana pemerintah didesak untuk lebih berperan dalam menyelesaikan konflik tetapi hanya boleh berhubungan lansung dengan satu pihak yaitu Palestina, dan tidak boleh melakukan komunikasi dengan Israel.

"Indonesia sulit dianggap sebagai mediator yang netral bila hanya berhubungan dengan Palestina" kata Ansyaad Mbai lebih lanjut. *Red

Rekaman webinar diatas bisa diakses pada link berikut ini: https://youtu.be/v5_6cL5WJTM


Name

Agama,11,Anugerah PWI,15,Artikel,20,Artikel dan Opini,2,Berita Artis,58,Berita Cuaca,11,Berita Daerah,778,BERITA DUKA,27,Berita Informasi,22,Berita Kebakaran,32,Berita Olahraga,65,Berita Sanggahan,1,Berita Tehnologi,2,Bisnis,6,EDITORIAL,2,EKONOMI,79,FASHION,6,Featured,22,Gaya Hidup,3,Gempa,8,Giat PWI,2,Giat Vaksin,23,Hikmah,1,Hukum,228,HUT RI 76,1,INDEX SAHAM EKONOMI,8,Indonesia Update,3,informasi Covid-19,27,Informasi Vaksin,6,Inspirasi,3,INTERNATIONAL,19,Jakarta Kini,64,Kasus Narkoba,14,Kebakaran,1,Kesehatan Gizi,10,Kesehatan Tubuh,19,Kesehatan Wajah,9,KRIMINAL,175,MITOS Atau FAKTA,2,Musik,4,NASIONAL,355,News,12,NKRI,1,Operasi Yustisi,1,ORGANISASI,1,Organisasi Wartawan,3,Partai,11,PENDIDIKAN,76,Perawatan Rambut,1,Perawatan Tubuh,5,Perihnya Hidup,1,Peristiwa,51,Politik,82,Politik Dan Hukum,177,Resep Makanan - Minuman,1,SOSIAL BUDAYA,344,Tehnologi,3,TNI POLRI,92,Tokoh Publik,4,TV LIVE,2,UNIK DAN LANGKA,2,Viral,22,Wisata Nusantara,26,
ltr
item
detikline: Marapi Consulting & Advisory, Gelar Webinar " Konflik Israel-Palestina dan Radikalisasi Timur Tengah"
Marapi Consulting & Advisory, Gelar Webinar " Konflik Israel-Palestina dan Radikalisasi Timur Tengah"
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiHww6hXS25R-fCf0wfflEKgB3erGjbkjlZGGKfhliYdWOP5OmFyTx9b7bU46W93rDP9DxkZOboaAvoS60O8RORtiVXSDSLmwwgd7rvdCFLvJrrt028mTUU2qcTAFeMxHYBuSFyCkG6F6Y/s320/WhatsApp+Image+2021-06-17+at+21.29.06.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiHww6hXS25R-fCf0wfflEKgB3erGjbkjlZGGKfhliYdWOP5OmFyTx9b7bU46W93rDP9DxkZOboaAvoS60O8RORtiVXSDSLmwwgd7rvdCFLvJrrt028mTUU2qcTAFeMxHYBuSFyCkG6F6Y/s72-c/WhatsApp+Image+2021-06-17+at+21.29.06.jpeg
detikline
https://www.detikline.com/2021/06/marapi-consulting-advisory-gelar.html
https://www.detikline.com/
https://www.detikline.com/
https://www.detikline.com/2021/06/marapi-consulting-advisory-gelar.html
true
2574086507560378712
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy